Daftar Isi Seserahan Nikah Yang Harus Kamu Siapkan



Pada acara pernikahan atau lamaran lazimnya ada prosesi pemberian hantaran seserahan pernikahan. Tradisi yang telah lama dikerjakan sejak dulu ini menjadi prosesi sepatutnya dalam setiap acara pernikahan.

Apa saja isi seserahannya?

Untuk soal isi seserahan mungkin masih banyak yang kebingungan hakekatnya apa saja sih isi seserahan pernikahan dan apa saja item- item yang perlu dipersiapkan.

Yaudah langsung aja Sputnik kasih tau apa saja hakekatnya isi seserahan pernikahan yang biasanya dibawa sebagai hantaran dari keluarga pria untuk sang wanita sebagai simbol bekal untuk kehidupan kelak sang wanita.

Kelengkapan Shalat / Ibadah

Sebagai bekal untuk sang wanita agar menjadi pendamping dan istri yang sholehah, maka sang pria lazimnya senantiasa menyiapkan hantaran perlengkapan ibadah ini. Sebagai wujud dan simbol tuntunannya kelak terhadap sang istri. Untuk isinya dimulai dari Mukena, sajadah, dan Al – Quran / Kitab suci.

Peralatan Mandi

Biasanya untuk perlengkapan mandi ini dimulai dari sabun, shampo, handuk, shower puff, produk perawatan tubuh, dan wewangian.

Baju Dalam

Baju dalam juga menjadi isi seserahan pernikahan yang perlu disiapkan nih. Untuk isinya mulai dari satu set underwear, lingerie dan juga pakaian tidur. Namun untuk urusan membelinya biasanya sang wanita sudah memilihkan barang – barangnya dan diserahkan terhadap sang pria untuk dihias ke dalam kotak seserahan supaya lebih menawan.

Perlengkapan Makeup

Nah untuk kelengkapan yang satu ini lazimnya sang wanita betul-betul concern nih, jadi biarkan para wanita yang memilihnya. Sebab kecuali itemnya lumayan banyak dan belum tentu pria mengerti, lazimnya para wanita mempunyai brand khusus yang berbeda – beda untuk tiap-tiap produk kosmetik yang digunakan. Jadi para pria sebaiknya kalian duduk manis saja untuk menyiapkan items yang satu ini.

Perhiasan

Seserahan pernikahan berupa Perhiasan ini mempunyai makna bersinar dan penuh kemauan. Akan tapi untuk perhiasan menjadi seserahan yang dapat disepakati bersama layak dengan budget kalian . Seandainya sang wanita mengharapkan, dan pihak pria dapat menyanggupi maka hantaran perhiasan dapat menjadi isi seserahan pernikahan yang akan diberi.

Kelengkapan Pesta

Kelengkapan pesta ini berjenis-jenis – jenis isinya. Mulai dari kebaya da kain, heels, tas, dress, sampai jam tanggan.

Makanan & Buah-buahan

Sebagai wujud hantaran ngga komplit rasanya tanpa ada makanan dan buah – buahan. Untuk beberapa kultur kultur semisal betawi semestinya menyiapkan roti buaya dan juga ada sebagian adat istiadat yang membawa makanan manis supaya garapan kehidupan calon pengantin kelak senantiasa manis.

Berapa kotak seserahan pernikahan yang perlu disiapkan?

Untuk jumlah kotak seserahan hakekatnya ngga ada ketetapan harus. Semuanya dapat disesuaikan oleh kesepakatan bersama. Akan tapi ada sebagian budaya seperti Jawa yang biasanya memberikan kotak seserahan berjumlah ganjil (5, 7, 9, 11 )

Isi seserahan pernikahan ini sesungguhnya ngga ada item patut banget yang patut sama. Balik lagi segala isi seserahan pernikahan di dalamnya disesuaikan dengan budget kalian juga. Seserahan yang menjadi hantaran dari pihak pria ini lazimnya berisi barang-barang kebutuhan sang calon pengantin wanita, yang nantinya akan dipakai oleh sang wanita. Jadi bisa dibilang isi barang- barang seserahan pernikahan ini simbol bekal dikehidupan bagi sang wanita kelak.

Oh iya, seserahan pernikahan bukan hanya untuk wanita loh, melainkan ada juga isi seserahan pernikahan pria yang umumnya menjadi prosesi simbolik tukar seserahan antar keluarga.

Untuk isi seserahan pria lazimnya lebih sederhana dan tak sebanyak isi seserahan wanita. Isi seserahan pria mulai dari parfum, dompet, baju kerja / formal, jan tangan, sampai sepatu. Tergantung sang wanita ingin memberikan apa saja sebab sesungguhnya isi seserahan untuk pria tidak semestinya.


Baca Artikel Terkait Tentang Barang Seserahan Lamaran Adat Jawa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *